Senin, 10 Oktober 2011

Memperkaya Tampilan PowerPoint

Banyak hal yang mungkin belum anda ketahui dalam mempelajari powerpoint. Penguasaan terhadap teknologi komputer sangatlah perlu bagi setiap orang saat ini. Powerpoint merupakan salah satu media presentasi yang sering digunakan orang dalam berbagai bidang, baik akademis, perkantoran dsb.  Presentasi powerpoint dapat berupa teks, grafik, gambar, movie, audio serta objek yang dibuat program lain. Microsoft powerpoint akan membantu sebuah gagasan atau informasi menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya. 
Beberapa tutorial memperkaya powerpoint:
1.      Menambahkan audio/backsound pada slide presentasi powerpoint
      ·         Buatlah file powerpoint kemudian buat beberapa slide pada powerpoint. 
   ·   Kita fokuskan perhatikan pada slide nomor dua, klik Insert Media Clip. Klik icon ini untuk mengaktifkan jendela menu.
      ·        Pada tampilan jendela menu, carilah lokasi di mana Anda menyimpan file musik Anda. lalu sorot opsi All Files (*.*). Setelah file-file musik Anda muncul, klik salah satunya, lalu klik tombok OK. Akan muncul jendela konfirmasi.
     ·   Pilih salah satu opsi. Jika opsi Automatically yang dipilih, maka suara akan aktif (diputar) secara otomatis jika slide diaktifkan. Sedangkan jika memilih When Clicked, maka suara akan aktif jika gambar speaker warna kuning pada slide, kita klik.
      ·       Setelah itu pada slide powerpoint 2007 akan terdapat gambar speaker kuning. Cobalah aktifkan slide powerpoint dalam tampilan Slide Show (bisa dengan menekan tombol F5) dan pada slide yang disisipi file suara klik gambar speaker kuning.
2.        Action - Mouse Over, Hyperlink Tanpa Click 
      ·         Buka PowerPoint, pada slide 1 buatlah Media Hyperlink yang dapat berupa gambar kotak maupun teks.
      ·         Pada gambar kotak tersebut tambahkan teks slide 5
      ·         Tambahkan slide baru sampai 5 buah slide, pada slide 5 tambahkan materi (teks atau gambar)
      ·         Kembali ke slide 1, aktifkan gambar kotak 'slide 5' lalu mulailah memasang Hyperlink Tanpa Click, dengan cara sebagai berikut:
            ü Gambar kotak aktif, pilih Insert
            ü klik Action, maka akan muncul kotak dialog Action Setting
            ü Klik Mouse Over
            ü Klik lagi lingkaran kecil Hyperlink to:
            ü Pilih Slide pada Hyperlink to:, lalu akan dimunculkan semua halaman slide pada kotak dialog Hyperlink to Slide, silahkan klik Slide 5 dan klik Ok.
            ü Pada kotak dialog Action Setting, akhiri dengan klik Ok
3.      Menghilangkan End Show di akhir presentasi
      ·   Klik Office Button,
      ·   Klik Powerpoint Options di bagian bawah,
      ·      Kemudian muncul kotak dialog Powerpoint Options,
      ·      Silahkan klik lagi Advanced, maka akan muncul Advenced options for working with Powerpoint, akan muncul 5 pilihan (1. Editing options, 2. Cut, Copy and paste, 3. Display, 4. Slide show, 5. Print)
      ·      Silahkan arahkan perhatian di bagian Silde show dan hilangkan tanda contreng di bagian 4 yaituEnd with black slide
      ·      Akhiri dengan klik Ok
      ·      Selesai dan silahkan anda tekan F5 dan lihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar