Kamis, 06 Oktober 2011

Catatan Kuliah Multimedia Pembelajaran Fisika

Pada awal saya memilih untuk mengontrak mata kuliah "Multimedia Pembelajaran Fisika" di semester 5 niatnya sih buat me-refresh otak dari konsep-konsep Fisika yang sulit dimengerti. Tapi tidak hanya itu tujuannya, saya juga ingin menguasai ilmu komputer lebih mendalam, setidaknya mengetahui apa yang belum diketahui pada program-program komputer, sehingga dapat mengembangkan dan menerapkan ilmunya suatu saat nanti ketika menjadi seorang guru.

Sebagai calon pendidik kita tidak hanya dituntut untuk memahami konsep yang akan diajarkan tetapi juga harus dapat mengemas pembelajaran se-menarik mungkin agar nantinya peserta didik lebih menikmati belajar dengan antusias. Salah satu cara agar dapat mengemas pembelajaran lebih menarik adalah dengan menerapkan multimedia pembelajaran.

Salah satu penerapan multimedia pembelajaran adalah belajar melalui komputer. Dalam hal ini komputer sebagai media interaksi antara guru, siswa dan pengetahuan. Pada perkuliahan Multimedia Pembelajaran ini lebih difokuskan pada pemahaman yang lebih mendalam serta pengayaan terhadap program-program yang ada pada komputer (seperti powerpoint, audio, video, program EXE, Autocad, Adobe Photoshop, Adobe Player, Adobe Flash, Macromedia Flashplayer, Macromedia Dreamweaver, Macromedia Director).

Multimedia itu sendiri merupakan perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, audio, video, animasi, grafik, dsb) untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Prinsip pembelajaran dengan multimedia menurut Skinner (1958) :
1. Memperkuat respon siswa secepatnya dan sesering mungkin.
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3. Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
4. Diperlukan partisipasi aktif oleh siswa.
Pembelajaran dengan multimedia itu sendiri dapat dilakukan secara online maupun offline. Salah satu pembelajaran online yaitu melalui internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar